Ditemukan 32 Planet Baru dan 1 Planet Mempunyai Samudera

Astronom-astronom Eropa mengumumkan telah menemukan 32 planet baru yang mengorbit sejumlah bintang di luar sistem tata surya kita dan menyatakan, Senin (19/10), hasil temuan itu menunjukkan bahwa 40 persen atau lebih dari bintang seperti Matahari memiliki planet-planet semacam itu.

Planet-planet itu memiliki ukuran mulai dari sekitar lima kali Bumi hingga lima kali Yupiter, kata mereka. Sejumlah planet lain juga telah ditemukan dan para astronom itu berjanji akan mengumumkan hal itu akhir tahun ini. "Penemuan terakhir itu membuat jumlah planet yang ditemukan di luar sistem tata surya kita menjadi sekitar 400," kata Stephane Udry, dari Observatorium Jenewa di Swiss.

"Alam sepertinya tidak kosong. Jika ada ruang untuk planet, maka akan ada planet di sana," kata Udry kepada wartawan dalam penjelasan Internet dari pertemuan astronom di Porto, Portugal.

"Lebih dari 40 persen bintang seperti Matahari memiliki planet-planet dengan massa rendah," tambahnya.

Tim astronom itu menggunakan spektrograf HARPS (Pencari Planet Kecepatan Cahaya Akurasi Tinggi) yang dipasang pada teleskop 3,6 meter Observatorium Selatan Eropa (ESO) di La Silla, Chile.

Spektrograf itu tidak menggambarkan planet-planet tersebut secara langsung, namun ilmuwan bisa menghitung ukuran dan massanya dengan mendeteksi perubahan kecil pada getaran bintang yang ditimbulkan oleh tarikan gravitasi kecil planet.

Para astronom ingin menemukan planet-planet seperti Bumi karena ini merupakan tempat yang paling memungkinkan untuk menopang kehidupan.

HARPS telah menemukan 75 planet yang mengitari 30 bintang yang berbeda. Tim ESO tidak memberikan penjelasan terinci mengenai bintang-bintang apa yang diorbit oleh ke-32 planet baru itu.

Para peneliti luar angkasa menemukan sebuah planet yang nyaris seperti Bumi: memiliki kandungan air. Planet yang mengorbiti satu bintang dengan jarak 40 tahun cahaya atau nyaris setara dengan 360 biliun kilometer tersebut diyakini sebagai planet pertama yang mirip Bumi dan memiliki atmosfer. Seperti dikutip jurnal Nature, menjelang akhir Desember ini, para astronom menamai planet tersebut GJ 1214b.

Planet Yang Memiliki Samudera
Planet itu berukuran hanya sekitar 2,7 kali ukuran Bumi dengan massa kira-kira 6,5 kali berat Bumi. Sesuai berat jenisnya, para ilmuwan menduga Planet GJ 1214b mengandung 3/4 air dengan inti padat dari besi dan nikel. Sementara atmosfernya terdiri dari hidrogen dan helium
"Di planet ini, tak ada satu pun benua yang mengambang di atas atau menyeruak dari air," kata David Charbonneau, Kepala Peneliti Pusat Astrofisika Smithsonian, Universitas Harvard, Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

Data menyebutkan pula bahwa GJ 1214b lebih panas ketimbang Bumi. Sedangkan atmosfernya, sepuluh kali lebih tebal ketimbang di Bumi. Kondisi itu berpeluang besar mempersulit apapun untuk hidup. Tekanan atmosfer terhadap permukaan planet besar sekali dan cahaya yang sangat sedikit sulit menembus kabut demi mencapai samudera planet tersebut

Sampaikan kepada yang lain, Rosulullah SAW bersabda yang artinya: “Barang siapa yang menunjukkan suatu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukannya”. (HR. Imam Muslim).

4 Responses to "Ditemukan 32 Planet Baru dan 1 Planet Mempunyai Samudera"

  1. Luar biasa Misteri Tuhan.
    Isac Newton pernah bilang tentang misteri tersebut dan kini terbukti kebenarannya. Dia pernah mengatakan bahwa masih banyak yang belum terungkap dari misteri itu.
    Thanks atas infonya.

    BalasHapus
  2. Bumi memang hanya salah satu planet.

    Pasti ada rencana pindah planet.
    Entah siapa yang akan dibawa untuk pertama kali menetap di planet yang benar-benar kek bumi.

    Nanti setelah internet apa lagi ya? Sebab komunikasi dengan bumi harus terus dilakukan setelah kepindahan tersebut.

    Jadi benar, semua yang ada dalam film berbobot semacam bukan mimpi an sich. Tulisan Harry Potter saja mewujud. Mobil terbang, misalnya.

    Benar dikatakan, apa yang difilmkan sebenarnya impian. Dan impian itu tampaknya selalu seperti harus menjadi kenyataan.

    Impian tidak selamanya bunga orang tidur, ternyata.

    Syukurlah kita.

    Terima kasih atas informasinya yang sangat menarik.

    BalasHapus
  3. @anna and septiani= Sama-sama Bro/Sis (^_^)

    BalasHapus
  4. Hey, Thanks for sharing this. I would like to tell you, This is extremely wonderful I really liked it.

    I am looking for this from a long time. Thank you for this again.

    Rajnish Kumar

    BalasHapus

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
Kami berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan. Terima Kasih.