Passbook Printer

Jika anda memperhatikan seorang Teller bank mencetak buku tabungan maka printer yang dipakainya adalah printer passbook yang jika kita tidak tahu mungkin kita menganggap itu printer dot matrix. Mungkin yang kita duga pengoperasiannya apakah sama atau tidak  dengan printer umumnya. Printer untuk mencetak buku tabungan atau Passbook memang tidak dijual bebas ditoko-toko komputer biasa.

Printer ini termasuk jenis printer dot matrix namun teknologi yang digunakan lebih canggih. Salah satunya adalah teknologi edge detection artinya printer dapat mendeteksi batas-batas kertas / buku yang kita masukan sehingga kita tidak perlu menempatkan buku/ kertas pada posisi khusus.

Merk printer passbook ini yang paling terkenal adalah merek dari IBM, di indonesia mungkin sebagian besar bank menggunakan printer jenis ini. Merk lain yang muncul seperti Wincor Nixdorf, Ollivetti dan Epson.

Sekilas tentang istilah Passbook. Passbook adalah buku tulis yang digunakan untuk mencatat transaksi bank setiap rekening. Bergantung pada negara atau institusi finansial bahwa passbook dapat dipakai untuk buku cek atau passport. Secara tradisonal, passbook dipakai untuk rekening dengan jumlah transaksi sedikit seperti rekening tabungan.

Pada akhir abad ke-20, printer dot matrix kecil atau printer inkjet ditemukan untuk memperbaikipenulisan passbook apakah pada printer atm atau printer passbook nya.

Printer passbook memang banyak jenisnya namun belum banyak yang mengetahui prinsip kerja dan menjual spart part. Memang kalau dilihat dari segi harga sedikit lebih mahal. Contohnya yang sering ada dipasaran type 9036-A03 yang memiliki keunikan dan model simple. Harga pita yang lebih mahal dari printer dot matrix lainnya khusus jika dibandingkan dengan produk Epson.

Banyaknya fasilitas tombol dan kecepatan dalam mencetak karakter ke dalam kertas terkadang menjadi pertimbangan dalam membeli printer passbook.Teknisi terkadang kesulitan mencari spart part yang langka dipasaran dan harganya sangat mahal, printer jenis ini memiliki banyak sensor yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan posisi kertas.

Printer untuk mencetak buku tabungan atau Passbook memang agak susah dicari ditoko-toko komputer biasa. Biasanya jika butuh printer passbook ini harus pesan. Harganya lumayan mahal dibandingkan printer laser jet biasa. Meskipun printer ini termasuk jenis printer dot matrik tapi teknologi yang digunakan cukup canggih. Salah satunya adalah edge detection, printer dapat mendeteksi batas-batas kertas / buku yang kita masukan. Jadi kita tidak perlu menempatkan buku/ kertas pada posisi khusus. Untuk bank printer jenis ini memang sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses pelayanan.

Merk printer passbook ini yang paling terkenal adalah merek dari IBM, di indonesia mungkin sebagian besar bank menggunakan printer jenis ini. Merk lain yang muncul seperti ollivetti dan epson. Harga dari printer ini sekitar 700 US dolar lebih. Atau sekitar 6-8 jutaan kalau di rupiahkan.

Sampaikan kepada yang lain, Rosulullah SAW bersabda yang artinya: “Barang siapa yang menunjukkan suatu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukannya”. (HR. Imam Muslim).

3 Responses to "Passbook Printer"

  1. Great information!
    I am looking to buy a new printer for me.
    Thanks for creating this nice blog post.

    BalasHapus
  2. thanks nih atas informasiny,,,
    jdi ngerti sekarang masalah nih passbook

    BalasHapus

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
Kami berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan. Terima Kasih.