Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MACAM-MACAM JENIS SUSU DAN MANFAATNYA

Banyaknya susu yang beredar membuat Anda perlu peka dalam mempelajarinya. Kenali jenis dan manfaatnya agar sesuai dengan kebutuhan.
Apa jenis susu yang biasa Anda konsumsi? Susu sapi, susu kedelai, atau susu lainnya? Ya, di pasaran, beragam jenis susu memang beredar. Namun, banyak orang yang tak mengenali jenis dan manfaat susu lebih dalam. Yuk, kenali lebih dalam lewat ulasan berikut, seperti dilansir Healthmeup.

Susu Almond
Almond biasanya menjadi salah satu camilan yang bisa Anda konsumsi saat berpuasa atau diet. Ternyata, kacang ini juga sering dikreasikan sebagai susu. Susu almond, seperti santan, merupakan alternatif untuk para vegetarian. Susu almond merupakan sumber terbaik untuk protein, namun juga rendah kalori seperti susu sapi. Susu ini mengandung vitamin E, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, tembaga, dan ribloflavin yang berfungsi meningkatkan energi dan mencegah penyakit jantung.

Susu Sapi
Jika Anda kekurangan kalsium, susu sapi jawabannya. Susu ini mengandung lemak, mineral dan vitamin seperti vitamin D, protein, vitamin B, potasium, yodium dan merupakan pengganti yang baik untuk omega 3. Selain memperkuat tulang dengan kalsium, susu sapi dikenal untuk mengontrol tekanan darah karena mengandung kalium, yodium meningkatkan fungsi tiroid, dan mencegah asam urat.

Susu Kambing
Perempuan India rentan kekurangan zat besi dan susu kambing menjadi pilihan yang baik. Menurut peneliti, susu kambing membantu mencegah pelunakan tulang, dan anemia. Rahasianya terletak pada hadirnya zat besi tinggi, kalsium, fosfor, dan magnesium. Ternyata, susu kambing memiliki sedikit lemak, membangun sistem kekebalan tubuh, dan anti-radang usus.

Susu Kedelai
Susu kedelai mengandung asam lemak, protein, serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kelancaran fungsi tubuh kita. Anda dapat mengandalkan susu kedelai untuk meningkatkan kolesterol baik dan membantu penurunan berat badan. Kandungan omega-3 dan omega-6 dalam susu kedelai memperkuat pembuluh darah, juga untuk mencegah kanker prostat, osteoporosis, dan sindrom menopause.

Santan Kelapa (Coconut Milk)
Kelapa memberikan vitamin, mineral dan serat yang mencegah penyakit, seperti batu kandung empedu dan penyakit hati, peradangan dan penyakit kulit. Jika Anda ingin protein, kelapa merupakan sumber yang baik di mana mengandung besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium, vitamin C, E, B1, B3, B5 dan B6.

Anehnya, santan jauh lebih kaya akan kalsium dari susu biasa. Air kelapa juga mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu dalam penurunan berat badan, dan sangat bagus untuk pencernaan. (okezone)

3 komentar untuk "MACAM-MACAM JENIS SUSU DAN MANFAATNYA"

  1. susu memang punya segudang manfaat, yuk biasakan minum susu sehari-hari. Kalau si kecil masih aja susah minum susu, cek triknya di sini ya: http://www.lifebuoy.co.id/berita-sehat/agar-sang-buah-hati-mau-minum-susu/

    Terima kasih :)

    BalasHapus