Diam itu Bijaksana, Tetapi Sangat Sedikit Pelakunya


Diam itu Bijaksana, Tetapi Sangat Sedikit Pelakunya
Tidak munafik manusia berbicara setiap masa.. malah ia perlu sebagai komunikasi antara manusia.. namun bicara itu ada dua, bicara yang baik ataupun bicara yang kurang baik atau ‘bicara yang lepas’..

Bagi mereka yang beriman, lidah yang dikurniakan oleh Allah tidak digunakan untuk berbicara yang sia-sia ataupun berbicara sesuka hati sebaliknya digunakan untuk mengeluarkan mutiara-mutiara yang berhikmah.. oleh itu DIAM adalah benteng bagi lidah manusia mngucapkan kata-kata yang sia-sia..

HIKMAH DIAM :
1. Sebagai ibadah tanpa bersusah payah.
2. Perhiasan tanpa berhias.
3. Kehebatan tanpa kerajaan.
4. Benteng tanpa pagar.
5. Kekayaan tanpa meminta maaf kepada orang.
6. Istirahat bagi kedua malaikat pencatat amal.
7. Menutupi segala aib.

Hadis-hadis Rasullulah mengenai kelebihan diam yang bermaksud:
• “Barangsiapa yang banyak perkataannya, niscaya banyaklah kesalahannya. Barangsiapa yang banyak salahnya, niscaya banyaklah dosanya. Dan barangsiapa yang banyak dosanya, niscaya neraka lebih utama baginya”.(Riwayat ABU NAIM)

• “Barangsiapa yang beriman kepada Alah dan Hari Akhirat, maka hendaklah ia berkata yang baik atau diam”.(Riwayat BUKHARI & MUSLIM)

• “Barangsiapa diam maka ia terlepas dari bahaya”.(Riwayat AT-TARMIZI)

HIKMAH yang dapat diambil,
• BANYAK DIAM TIDAK SEMESTINYA BODOH, BANYAK Omong TIDAK SEMESTINYA CERDAS, KEARENA KECERDASAN ITU BUAH PIKIRAN, ORANG CERDIK YANG PENDIAM LEBIH BAIK DARI ORANG BODOH YANG BANYAK OMONG
• MENASIHATI ORANG YANG BERSALAH , TIDAK SALAH. YANG SALAH MEMIKIRKAN KESALAHAN ORANG..
• KALAU ORANG MENGHINA KITA, BUKAN KITA TERHINA, YANG SEBENARNYA ORANG ITU MENGHINA DIRINYA SENDIRI.

Manusia tidak akan dapat mngalahkan syaitan kecuali dengan diam.. berbicaralah bila perlu dan keluarkanlah perkataan yang baik-baik..karena kita manusia bersifat pelupa.. sering tersasar bila berkata,melukakan hati tanpa sedar,kerana lidah itu lebih tajam dari mata pisau.. sebaiknya berfikirlah sebelum bicara,,,

Sampaikan kepada yang lain, Rosulullah SAW bersabda yang artinya: “Barang siapa yang menunjukkan suatu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukannya”. (HR. Imam Muslim).

0 Response to "Diam itu Bijaksana, Tetapi Sangat Sedikit Pelakunya"

Posting Komentar

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
Kami berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan. Terima Kasih.