Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KETIKA PELAJARAN DIULANG

KETIKA PELAJARAN DIULANG
BERHENTI...!, begitu hardik ayah kepada saya, sesaat setelah saya melindas seekor katak.

Ketika itu malam hari. Beliau tengah mendampingi saya belajar mengemudi. Dari kejauhan, di tengah jalan memang tampak seekor katak melompat ke arah bahu jalan kecil yang saya lintasi. Alih-alih menghindar, saya malah dengan santai melindasnya. "Jreeg...".

Saya dimintanya menepi dan berhenti. "Sekarang kau keluar dan lihat bagaimana keadaanya", perintahnya kalem namun dalam. Dalam hati, siapapun tau bagaimana kondisi katak yang dilindas mobil. "Ya,.... pasti udah mati", jawab saya pelan. Beliau menatap saya dan... "KELUAR.... LIHAT....!". Dengan sedikit ogah-ogahan, saya kemudian keluar dari mobil dan berjalan ke belakang menghampiri katak tersebut. Tentu saja kondisinya hancur dengan isi perut yang terburai.

Saya lantas kembali ke mobil. "Ceritakan, bagaimana kondisinya", pintanya tanpa melihat saya. Dengan wajah tertekuk, saya gambarkan bagaimana kondisinya katak tersebut. "Sekarang kau bayangkan. Bagaimana perasaan ibumu bila mendapati kau dalam keadaan seperti itu, di jalan?".

Saya tersentak dan tertunduk diam. "Jaaaangan pernah dengan sengaja membunuh mahluk hidup apapun. Kau tadi bisa menghindar. Maka hindarilah. Katak juga punya hak untuk hidup", tegasnya.

Itu 30 tahun lalu. Sore tadi, ingatan atas kejadian tersebut muncul kembali. Ketika dalam perjalanan ke rumah pak Udin, Gandhi, anak saya, tiba-tiba berteriak "BERHENTI, YAH..!!!", sambil mencengkram lengan saya. Saya segera mengerem. Rupanya ia melihat seekor anak kucing yang terduduk diam persis di lintasan kami. Ia bergegas turun lalu menghampiri kucing tersebut. Rupanya ada induknya tak jauh dari tempatnya bermain.

Ya, Tuhan. Satu lagi pertunjukan nurani dariMu. Bukan tentang seorang anak yang sedang menyelamatkan mahluk kecil tak berdaya. Tapi tentang seorang anak yang sedang belajar memberi makan jiwanya sendiri.

sumber : facebook

Posting Komentar untuk "KETIKA PELAJARAN DIULANG"